Jumat, 03 Juli 2015

Search Engine Optimization

Pengertian SEO

Search Engine Optimization, yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.

Asal Mula SEO

Upaya optimasi website untuk mempengaruhi visibilitasnya di halaman search engine sudah dilakukan oleh webmaster dan penyedia kontent sekitar pertengahan tahun 1990 an. Namun saat itu, masih terbatas pada pengiriman alamat URL ke berbagai macam search engine. Hal ini dimaksudkan agar mesin pencari segera mengirimkan robot mereka yang bernama “Spider” untuk meng-crawl halaman tersebut sehingga halaman website mereka akan mudah ditemukan dan di index. Spider akan mendownload halaman yang mereka temukan ke dalam server mereka kemudian robot keduanya “indexer” akan mengextrak berbagai informasi termasuk kontent yang berisi kata-kata dan link didalamnya. Setelah itu, mereka akan menjadwalkan kunjungan berikutnya untuk melakukan kerja yang sama.

Banyak diantara webmaster yang kemudian mulai menyadari keunggulan yang didapat ketika berkesempatan berada di posisi atas halaman search engine. Belajar dari hal itu, studi berkelanjutan tentang cara optimasi (saat itu belum ada istilahSearch Engine Optimization) mulai berkembang.

Berdasarkan Danny Sulivan, pada halaman forum searchenginewatch.com istilah “Search Engine Optimization” sendiri yang kemudian lebih akrab disebut SEO, mulai digunakan pada 26 Juli 1997. Dokumen pertama yang ditemukan menggunakan term “Search Engine Optimization” adalah pada pesan spam yang diposting diUsenet, Usenet itu sendiri merupakan sebuah sistem diskusi internet yang konon merupakan cikal bakal forum internet saat ini.

Tujuan SEO

Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk menempatkan sebuah situs/web pada posisi teratas/halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci yang tepat ditargetkan. Dimana hal ini nantinya akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan visitor atau pengunjung.


Bagaimana SEO Bekerja?

Untuk mengerti bagaimana SEO bekerja, Pertama-tama belajar bagaimana Permintaan Pencarian Google dijalankan. Gambar di bawah ini secara langsung diambil dari situs perusahaan Google.com.

1) Bagaimana cara mendapatkan Google untuk mengindeks situs Anda?
Ini sangat sederhana. Terlepas dari jenis situs (html, flash, CMS atau PHP), Anda ingin Google meng-index halaman Anda karena itulah satu-satunya cara Anda dapat terlihat untuk permintaan pencarian di Google. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengirimkan sitemap ke Google melalui Google Webmaster Central.http://www.google.com/webmasters/ Anda dapat membaca artikel rinci tentang “Cara Membuat Sitemap” di sini.

2) Halaman Judul, Meta Description dan Meta Keyword Fields
“Halaman Judul” menjadi faktor yang paling penting, 3 elemen ini digunakan untuk menjadi tulang punggung SEO pada akhir 90-an, dan mereka masih memiliki banyak berat badan di Google Algoritma. Anda dapat melihat judul halaman di atas browser (IE atau Firefox) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

Jdul di halaman ini adalah “Internet Marketing Articles dan Resources”. Ini mendefinisikan apa isi dari halaman sekitar. Banyak situs dan perusahaan membuat kesalahan dengan menempatkan nama mereka di awal judul halaman pada setiap halaman di situs mereka. Ini tidak benar. Judul halaman harus mulai dengan apa yang halaman spesifik tentang (Istilah atau kata kunci yang Anda targetkan)

Pada akhir 90-an dan awal 2000-an, jika Anda hanya menguubah dan meng optimalkan elemen ini pada sebuah website, pada waktu dulu memakai cara ini sudah cukup. Itu tidak terjadi lagi, inilah faktor terpenting berikutnya.

3) Inbound Link (Backlinks)
Ini adalah “teks link” dari satu situs web yang lain. Mari kita asumsikan bahwa Anda memiliki website yang sangat keren tentang “SEPAK BOLA” misalakan saya menjadi pemain sepak bola dan fans saya mau link kes itus Anda dari situs saya (misalkan situs saya “JAGOAN”), nah ini ada caranya. Mari kita bahas bagaimana caranya. Ada beberapa cara dan aku akan coba melakukan ini:

a. “Klik di sini untuk situs BOLA (contoh misal)
Seperti yang Anda lihat, ini akan menjadi “inbound link” ke situs Anda dan sebuah “outbound link” dari situs saya. Namun, perhatikan teks hyperlink (anchor text); itu adalah “Klik di sini”. Namun situs Anda bukan tentang “Klik Disini”, ini adalah tentang “BOLA” Oleh karena ini tidak akan menjadi kualitas backlink ke situs Anda.

b. “Klik di sini untuk BOLA Contoh ini adalah cara yang benar untuk sebuah backlink karena teks hyperlink “anchor text” adalah tentang website Anda. Jadi, ini sangat “relevan” dan “kualitas tinggi” link.

Setelah Google upaya untuk mengindeks semua halaman di situs Anda, tampak pada unsur-unsur ini untuk relevansi;
• Judul Halaman
• Meta Description
• Meta Keywords
• Jumlah Quality Inbound Links
• Kualitas Website Menghubungkan kepada Anda
• Relevansi dari Inbound Link

Meskipun ada banyak faktor di Google algoritma, yang menentukan bagaimana SEO bekerja, di atas adalah dianggap sebagai faktor dasar yang paling penting. Namun, hal-hal berubah di dunia Google.

Sumber
http://m-seo.heck.in/pengertian-seo-dan-definisi-apa-itu-seo.xhtml
http://www.titoyulianto.com/belajar-seo-pengertian-sejarah-seo/
https://klikkananrefresh.wordpress.com/2010/02/25/bagaimana-seo-bekerja-search-engine-optimization/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar