E-Commerce-menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu
proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan
dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi
bisnis.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau
EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi
Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin
faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan
transaksi-transaksi belanja di Internet shopping,
Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).
Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.
Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).
Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.
Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
- Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
- Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
- Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
- Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2. Business to Consumer, karakteristiknya:
Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
- Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
- Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
- Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
- Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5)
Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b. Menurunkan biaya operasional
(operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, bebangaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, bebangaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.
c. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e. Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f. Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura
Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the
World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:
a. Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
a. Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu
relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis
di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat
untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu
berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses
informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
c. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan
logistik secara online dan otomatis.
Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
System Penetration
Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
System Penetration
Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan
diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
• Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
• Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
• Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
• Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
• Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
• Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja
Memasang iklan gratis di OLX
Cara Pembayaran
• Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
• Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
• Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
• Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
• Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
• Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja
OLX dan hubungannya sebagai salah satu e-commerce
OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com)
adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang
difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.
OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau
bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan
rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.
Situs web ini hadir pada tahun 2005 dengan nama
tokobagus.com dan merupakan pusat jual beli online terbesar
di Indonesia yang dikunjungi oleh lebih dari 100.000 pengunjung
setiap harinya.
Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang
disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di
OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya
itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan
hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi
juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine
seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia
memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".
Kelebihan OLX salah satunya adalah OLX Indonesia menyediakan
berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam
alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin
melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak
diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab
spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun
maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga
tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android.
Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi
tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan
tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak
ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu membayar
sepersenpun.
Kekurangan pada OLX yang perlu diperhatikan salah satunya Kemungkinan
terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya
yang gratis dan terbuka untuk umum.
Memasang iklan gratis di OLX
Kunjungi halaman OLX.co.id atau mengetikkan tokobagus.com
(langsung diredirrect ke OLX)
Arahkan kursors ke bagian pojok kanan atas cari tombol/link
bertuliskan +Pasang Iklan Gratis
Kemudian Anda akan di bawa ke menu isian form detail barang
yang dijual yaitu Kategori (pilih kategori misalnya Elektronik –
Tablet – Samsung), lalu isikan Judul (merk Barang yang dijual) serta
isikan pula deskripsi mengenai barang yang akan dijual, jangan lupa
sertakan harga yang rasional, plus upload foto barang
tersebut disertai dengan nama dan nomer HP yang dapat
dihubungi.
Setelah semua form diisi, selanjutnya beri check list
persetujuan syarat dan ketentuan OLX
Setelah itu klik simpan
Jika sudah, maka akan muncul pemberitahuan bahwa iklan telah
berhasil disimpan. Sampai di langkah ini proses pasang iklan di OLX sudah
selesai, Anda bisa kembali ke homepage atau memasang iklan produk lainnya.
Meski sudah berhasil disimpan, namun iklan Anda belum secara
otomatis muncul di OLX karena harus melalui proses moderasi terlebih dahulu dan
dilakukan pengecekkan apakah sudah memenuhi syarat atau belum. Berikut ini
ketentuannya :
Iklan akan dicek secara manual oleh moderator OLX apakah
sudah sesuai dengan ToS OLX.
Pemasangan iklan di luar jam kerja biasanya lebih lama
tayangnya karena akan diseleksi pada hari berikutnya.
Iklan ganda dengan produk yang sama tidak diperbolehkan.
Jika sudah memenuhi persyaratan maka iklan akan muncul.
Untuk menghapus iklan di OLX tinggal klik tombol hapus pada
email pemberitahuan iklan yang dikirim.
Itulah cara pasang iklan di OLX, sangat mudah bukan ? Oh
iya, tandai OLX sebagai whitelist di email Anda karena segala macam detail
terkait iklan yang Anda tayangkan akan diinfokan melalui email.
Ada beberapa tips bertaransaksi aman yang ditulis seseorang
melalui situs Wikipedia bahasa Indonesia ini
Gunakan Akal Sehat Anda
Percaya pada akal sehat, terutama jika dirasa di dalam iklan
tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan yang tidak masuk akal, biasanya hal
tersebut memang tidak baik. Jika memang penjual tersebut kurang meyakinkan,
maka lebih baik batalkan saja.
Memilih Penjual Terpercaya
Bertransaksilah dengan penjual yang terpercaya (verified
number) yang telah memverifikasi alamatnya kepada OLX Indonesia agar terhindar
dari penjual atau pemasang iklan yang tidak jelas.
Lakukan Riset Sederhana
Ketahui dulu info tentang produk serta penjualnya dengan
lengkap dan jelas dengan mengumpulkan informasi dan melakukan riset sederhana
terkait hal tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagaimana
deskripsi yang dipaparkan oleh si penjual dan apakah foto produk yang ia
perlihatkan asli hasil jepretan sendiri atau tidak. Jika benar, maka hal itu
dapat dikatakan sebagai petanda yang baik. Selain itu, galilah informasi yang
ada dengan menanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap mungkin.
Jika dia menjual produk laris seperti handphone, kamera
digital, dll dengan harga yang jauh lebih rendah, maka penjual itu patut
dicurigai. Jika lokasi atau alamat penjual terjangkau, lebih baik bertemu
secara langsung dan usahakan membawa teman.
Cara Pembayaran
Berhati-hatilah pada nomor teleepon yang tidak jelas,
terutama yang berkode area luar negri dan meminta cara pembayaran dengan
Western Union, Moneygram, dan cek.
Hubungi Tim Support OLX Indonesia
Jika masih merasa ragu dan kurang yakin, hubungi dan
tanyakan pada tim support OLX Indonesia.
Daftar Pustaka
jadi olx itu termasuk B2B/B2C/C2C? dan contohnya yg mana?
BalasHapus